Cara Mengunjungi Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas

Berapa banyak dari kita yang dapat mengatakan bahwa mereka telah melihat gunung berapi aktif, apalagi berdiri di tepi kawahnya? Mengunjungi Gunung Bromo di Indonesia adalah petualangan yang unik, dan jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjunginya, saya hanya dapat memberitahu Anda untuk pergi pergi. Ada berbagai macam tur yang tersedia dari Yogyakarta, Malang, Probolinggo dan banyak kota kecil di sekitarnya, tetapi bagi petualang sejati (dan pelancong dengan anggaran terbatas), ini mungkin tidak selalu disukai, jadi kami lebih memilih sewa jeep bromo dari malang. Jadi jika Anda seperti kami, dan lebih suka melewatkan tur dan tidak keberatan mendaki, teruslah membaca dan Anda akan membaca semua yang perlu Anda ketahui tentang mengunjungi Gunung Bromo dan cara mengunjunginya.

DIMANA GUNUNG BROMO & CARA MENUJU KE SANA

Pertama mari kita mulai dengan beberapa logistik, Anda tidak bisa mengunjungi Gunung Bromo tanpa benar-benar tahu di mana itu bukan? Gunung Bromo terletak di Jawa Timur, salah satu pulau terbesar di Indonesia. Jaraknya kira-kira 10 jam dari kota Yogyakarta (dengan kereta api) dan 6 jam dari Gunung Ijen, gunung lahar biru. Anda juga dapat menemukan peta di bawah ini, memberikan Anda indikasi yang lebih baik tentang di mana tepatnya Gunung Bromo berada.

Opsi 1: Lakukan tur – Jika Anda berencana mengunjungi Gunung Bromo dengan tur, kami akan memudahkan Anda. Wisata Gunung Bromo dapat anda lakukan dengan mudah dari beberapa tempat seperti Malang, Yogyakarta, Surabaya dan Probolinggo. Kami tidak melakukan tur sehingga sayangnya tidak dapat memberi tahu Anda lebih lanjut, tetapi dengan banyaknya tur yang tersedia, saya yakin Google akan dapat membantu Anda!

Opsi 2: Naik Transportasi Umum – Tidak ingin berwisata? Bagus, teruslah membaca, sisa artikel ini terutama ditulis untuk para petualang seperti Anda! Anda mungkin akan datang dari sisi Timur atau Barat Bromo, dalam kedua kasus tersebut saya akan merekomendasikan pemesanan kereta api ke Probolinggo . Dari Probolinggo, pergilah ke terminal bus. Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan naik bemo kuning (mini bus) ke terminal bus atau memutuskan untuk bermalam di Probolinggo. Dari terminal bus akan ada mini van menuju Cemoro Lawang. Bus mini ini menunggu hingga penuh, kecuali jika Anda bersedia membayar lebih, dan akan mengantar Anda dan sesama penumpang hingga ke Cemoro Lawang!

AKOMODASI DI PROBOLINGGO DAN CEMORO LAWANG

Jadi sekarang setelah Anda tiba di Probolinggo atau Cemoro Lawang, Anda mungkin bertanya-tanya tempat tinggal. Kedua tempat tersebut memiliki cukup banyak pilihan, dan dapat dengan mudah dipesan terlebih dahulu secara online, hanya agar Anda yakin memiliki tempat untuk beristirahat di malam hari.

Di Probolinggo kami menginap di Clover Homestay , dan kami tidak bisa merekomendasikan tempat ini lebih lanjut. Kamar homestay bersih, memiliki AC, kamar mandi pribadi, dan tempat tidur adalah beberapa yang paling nyaman yang pernah kami tinggali selama perjalanan kami di Jawa. Selain itu, manajer Homestay sangat ramah dan membantu dan bersedia memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menuju ke Bromo dan tips lainnya! Mereka juga menjaga punggung kami semalaman sehingga kami hanya perlu membawa beberapa koper kecil ke Cemoro Lawang. Kami kembali setelah Cemoro Lawang untuk satu malam di sini, hanya karena kami sangat menyukainya.

Di Cemoro Lawang kami menginap di Sedulur Homestay , salah satu homestay termurah yang bisa dipesan secara online. Pemiliknya ramah, memberi kami beberapa handuk, kertas toilet, dan air kemasan dan menunjukkan kamar kami. Kamar-kamar di sini sangat standar tetapi bersih dengan tempat tidur dan selimut (tanpa seprai), meja kecil, dan kursi. Kamar mandinya digunakan bersama dan dilengkapi dengan 1 pancuran yang memiliki air panas dan 2 toilet jongkok. Meski kedengarannya tidak berlebihan, sebagian besar akomodasi di Cemoro Lawang memiliki standar yang sama. Jika Anda seorang budget traveller, dan mencari homestay dengan lokasi yang nyaman untuk melakukan Bromo tanpa tur, maka cek homestay ini. Jangan lupa, kemungkinan besar Anda hanya menghabiskan waktu di sini setengah malam. Salah satu tempat menginap paling terkenal adalah Cafe Lava Hostel , yang sedikit lebih jauh dari jalan, tapi ini sepenuhnya dipesan ketika kami berencana untuk pergi.

Jadi sekarang setelah Anda berhasil mencapai Cemoro Lawang dan telah menemukan tempat menginap, langkah selanjutnya adalah mendaki matahari terbit, kemungkinan besar alasan Anda datang ke sini. Sekarang melakukan pendakian matahari terbit sepenuhnya gratis. Tidak peduli apa yang dikatakan orang lain kepada Anda, tidak ada biaya untuk menyaksikan matahari terbit di atas Gunung Bromo (perjalanan hemat yay). Namun, untuk mencapai sudut pandang tersebut, Anda harus sedikit berusaha. Saya sangat menyarankan mengunduh aplikasi Maps.me untuk menavigasi diri Anda ke atas, atau sudut pandang apa pun di antaranya.

Mulai hiking sekitar 2.30 pagi / 3.00 pagi dari desa Cemoro Lawang. Untuk menuju kesana cukup mudah, jika anda berada di cemoro lawang akan ada satu pertigaan jalan, disebelah kiri akan mengarah ke Cafe Lava Hostel, disisi lain akan mengarah ke viewpoint. Jadi ambil sisi kanan dan terus ikuti jalan, yang perlahan akan mulai semakin menanjak. Setelah kira-kira 45 menit berjalan ke atas bukit di jalan beton, Anda akan mencapai anak tangga untuk terus mendaki bukit. Namun, hati-hati, mereka terus mengerjakan anak tangga, meninggalkan celah pada anak tangga beton dan bebatuan di tengah anak tangga, karena sangat gelap pastikan tidak tergelincir atau jatuh!

Setelah Anda mencapai puncak anak tangga, Anda akan mencapai salah satu sudut pandang pertama, karena di sini sibuk, saya akan merekomendasikan mendaki sedikit lebih jauh. Sekarang menjadi rumit, dari sini mulai menjadi lebih banyak jalan tanah menanjak, dengan banyak jalur yang dapat Anda ambil, tetapi tetap saja semuanya tampaknya berakhir pada perhentian yang sama di antaranya, sudut pandang kami. Di sinilah kami berhenti untuk menyaksikan matahari terbit, dan itulah pemandangan yang dapat Anda lihat di header gambar ini! Saat kami mendaki di musim ramai, kami melihat sekitar seratus wisatawan lain mendaki bukit, semuanya menuju ke titik pandang tertinggi yang disebut Bukit KingKong. Kami memilih untuk tetap lebih rendah dan memiliki sudut pandang hampir sepenuhnya kepada diri kami sendiri, dan kami tidak kecewa. Lihat tangkapan layar Maps.me kami yang menunjukkan pertigaan dengan Cafe Lave Hostel di sebelah kiri, tangkapan layar dari jalan menuju sudut pandang pertama.

Jadi sekarang Anda telah menemukan sudut pandang, duduk dan kagumi matahari terbit di atas Gunung Bromo, mengubah langit menjadi merah muda. Tidak peduli musim apa Anda akan pergi, ketahuilah bahwa cuaca akan sangat dingin di bagian atas dan sarung tangan, syal dan topi bukanlah ide yang buruk. Saya mengenakan atasan, kemeja lengan panjang, sweater dan jaket bulu domba dan masih kedinginan. Selain itu, pastikan untuk membawa air yang cukup untuk mendaki atau mungkin beberapa makanan ringan untuk mendapatkan kembali sebagian energi itu sebelum Anda harus mendaki kembali. Selain itu, Anda akan membutuhkan obor, lebih disukai yang dapat diletakkan di atas kepala Anda, karena dengan m

Memanjat jalan tanah akan menyenangkan jika tangan Anda kosong dan bebas. Temukan beberapa foto di bawah ini untuk memberi Anda gambaran tentang matahari terbit seperti apa yang semoga bisa Anda saksikan!

LAUT PASIR GUNUNG BROMO

Sehari sebelum matahari terbit, atau hari matahari terbit itu sendiri, saya tetap sangat menyarankan Anda untuk menjelajahi Gunung Bromo dari dekat. Anda dapat dengan mudah menghindari pembayaran biaya masuk dengan mengambil jalan setapak penduduk desa untuk melihat pasir. Jadi ingat pertigaan di jalan yang saya bicarakan tadi? Jadi ada dua cara untuk menuju lautan pasir. Jika Anda berdiri di pertigaan jalan, akan ada tanda di sebelah kiri yang bertuliskan “Lautan Pasir”, abaikan ini. Jika Anda mengikuti rambu ini, Anda harus melewati titik masuk di mana Anda harus membayar biaya masuk Rp 220 ribu (pada hari kerja, pada akhir pekan bahkan lebih tinggi). Sebaliknya, belok kanan dan berjalan di jalan menuju Hotel Cemara Indah, ikuti jalan “Jalur Penduduk Desa ke Bromo”

Di sisi kanan hotel ada bilik keamanan, dan tepat di sebelahnya ada jalan tanah yang turun. Ini adalah tiket masuk gratis Anda untuk mengunjungi Bromo! Jika Anda mengambil jalan utama, perkirakan untuk membayar 250K hingga 350K IDR (tergantung pada hari kerja atau akhir pekan), yang pasti akan meningkatkan biaya perjalanan Anda di Jawa.. Turuni jalur tanah ini tapi hati-hati, jalannya curam, berdebu dan licin. Terus ikuti sampai ke Laut Pasir. Begitu sampai di sini Anda bisa melihat Gunung Bromo. Cukup berjalan melintasi Lautan Pasir (tidak ada yang meminta tiket kami ke sini) ke arah kuil. Di belakang candi ada jalan setapak naik, dan di bagian terakhir ada beberapa tangga beton untuk membantu Anda naik. Ini mungkin tampak seperti pendakian yang cukup, tapi percayalah itu sepadan dengan usahanya! Sekarang nikmati saja pemandangan Bromo dan Lautan Pasir…

GUNUNG BROMO – KETAHUI SEBELUM ANDA PERGI

Hati-hati,  di tepi kawah licin dan di jalan tanah, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah menyelinap ke sini!

Bawalah sweater dan jaket, bahkan mungkin topi dan sarung tangan jika cuaca benar-benar dingin, kamu tidak akan kedinginan selama pendakian, tetapi di atas bukit saat menunggu matahari terbit akan terasa dingin.

Tutupi mulut Anda saat memasuki Lautan Pasir dan di atas gunung berapi. Ada banyak debu yang berasal dari pasir, yang lebih baik Anda tidak menghirupnya. Sama halnya di puncak gunung berapi, lebih baik jaga kesehatan paru-paru Anda untuk mendaki kembali!

Bagi matahari terbit dan lautan pasir  menjadi dua hari, percayalah, melakukan keduanya dalam satu hari akan melelahkan. Hiking melalui lautan pasir dan kembali dengan mudah 9km, hal yang sama berlaku untuk sudut pandang, dengan keduanya harus naik dan turun bukit!